Amien Rais Tantang Luhut Pandjaitan Debat soal Reklamasi

Yuda Bangun Batari -

Wednesday, 17 May 2017 - 15 : 20 : 30

Jakarta, CNN Indonesia -- Politisi senior PAN Amien Rais mengklaim siap berdebat dan beradu data dengan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan soal proyek reklamasi Jakarta. Jika unggul pada debat itu, Amien meminta pemerintah menghentikan reklamasi.

“Kalau argumen kami sudah dipatahkan, ya sudah, reklamasi jalan terus karena kami salah,” ujar Amien di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/5).

Amien memberi batas waktu dua pekan untuk Luhut. Dalam kurun waktu itu, Amien meminta Luhut sudah berdebat dengannya.

“Saya kasih waktu dua minggu bagi Pak Luhut, secara demokratis, bicara baik-baik soal manfaat dan mudarat reklamasi, apakah kita sedang jual negara atau tidak,” ujarnya.

Lebih dari itu, Amien berharap para pejabat negara dan pengembang yang terlibat dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta bisa diseret ke pengadilan. Menurutnya proses hukum itu perlu dilakukan jika proyek itu dihentikan.

Amien menilai, reklamasi Jakarta harus disetop karena hanya akan memunculkan dampak negatif. Tak merusak lingkungan dan kehidupan ekonomi-sosial nelayan, ia menyebut reklamasi hanya akan menguntungkan pihak tertentu.

“Tidak ada kata lain, kecuali sesegara mungkin menghentikan reklamasi. Tapi tidak semudah itu, enak saja. Semua yang melakukan kejahatan itu harus dibawa ke meja hijau,” tuturnya.


Amien menuturkan, proses pemidanaan itu penting untuk mengembalikan harkat dan martabat masyarakat serta kedaulatan Indonesia di mata negara lain. 

Indonesia, kata Amien, kini dianggap lemah karena tunduk pada kekuasaan asing. “Jika reklamasi dihentikan, Insya Allah negara kita tidak akan dicaplok pengembang luar negari, dicap negeri abal-abal, rakyat kita dianggap jongos dan kuli,” ujarnya
.