Tak Ada Warga yang Lebong Anti Pancasila

admin -

Monday, 24 July 2017 - 12 : 32 : 20

PELABAI – Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez, SH, M.Kn memastikan tidak ada warga Lebong yang anti Pancasila. Semua masyarakat Lebong sangat menjunjung tinggi Pancasila sebagai falsafah NKRI. Bahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tidak akan toleransi terhadap oknum anti Pancasila yang berdiam di Lebong.

‘’Tidak sejengkal tanahpun halal untuk mereka yang anti Pancasila. Kami semua masyarakat Kabupaten Lebong adalah penerus dan penjunjung nilai-nilai Pancasila,’’ kata Wabup saat membacakan sambutan Presiden RI dalam upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Pemkab Lebong, kemarin (1/6).

Wabup menyampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo agar rakyat Indonesia menghayati nilai-nilai luhur Pancasila dengan menyadari bahwa kodrat bangsa Indonesia yang beragam. Sejauh ini kebhinekaan telah diuji oleh paham radikalisme, konflik sosial dan terorisme serta diperparah oleh berita hoax di media sosial. Walaupun demikian dengan bingkai NKRI yang telah dijaga bersama, bangsa Indonesia bisa terhindar dari ancaman radikalisme, konflik sosial dan terorisme.

‘’Kewajiban seluruh rakyat Indonesia untuk mengajak berkomitmen menjaga NKRI. Juga pemerintah pasti bertindak tegas terhadap paham yang menyimpang dan bertentangan dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali  kita harus kembali menjadi bangsa yang santun dan fokus menjadikan bangsa kita makmur serta sejahtera,’’ imbuh Wabup.

Wabup juga menyampaikan penetapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 adalah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Atas dasar itu juga, tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional dan setiap pemerintah serta seluruh komponen bangsa wajib memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera. Pantauan RB, upacara yang dipimpin langsung Wabup itu dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para kepala  Organisasi Perangkat Daerah (OPD), PNS, pelajar beserta undangan